Bahas Aplikasi E-Coklit, KPU Pohuwato Hadiri Undangan Khusus KPU RI

Bahas Aplikasi E-Coklit, KPU Pohuwato Hadiri Undangan Khusus KPU RI

POHUWATO, kab-pohuwato.kpu.go.id Dalam rangka efektifitas pelaksanaan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih pada Pemilihan kepala Daerah serentak Tahun 2020, KPU Pohuwato diundang khusus oleh Tim Datin KPU RI dalam rapat pembahasan aplikasi e-coklit yang diselenggarakan di Jakarta, Jum’at (13/03/2020).

KPU Pohuwato yang didampingi KPU Provinsi Gorontalo bersama KPU Kota Makassar dilibatkan penuh oleh KPU RI dalam proses pembuatan aplikasi e-coklit yang nanti akan digunakan secara Nasional dalam tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data Pemilih pada bulan April 2020.

Firman Ikhwan, Anggota KPU Pohuwato Divisi Perencanaan,Data dan Informasi mengatakan aplikasi ini adalah seperangkat sistem elektronik menggunakan gadget atau perangkat mobile, guna memudahkan proses pencocokan penelitian, dan memonitoring kinerja Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dalam melaksanakan pemutakhiran di lapangan. kedepan PPDP tidak hanya menggunakan formulir manual berupa kertas kerja, akan tetapi akan didukung dengan aplikasi e-coklit, sehingga PPDP dapat melakukan pencocokan dan penelitian melalui gadget atau HP. Ini merupakan salah satu bukti komitmen KPU untuk mengoptimalkan penggunaan Teknologi Informasi dalam pelaksanaan tahapan Pemilihan, khususnya tahapan Pemutakhiran data dan Penyusunan Daftar Pemilih.

Firman menambahkan bahwa kesempatan yang diberikan KPU RI ini merupakan capaian yang membanggakan bagi KPU Pohuwtao. ” Kita sangat senang bisa duduk bersama dalam pembahasan aplikasi ini apalagi ada KPU Kota Makassar yang sudah punya pengalaman di tahun 2018 dalam menggunakan aplikasi ini, kita KPU Pohuwato baru mengembangkan e-coklit dalam Pemilihan kali ini, semoga aplikasi ini dapat digunakan sesuai fungsi dan tujuannya” Ungkapnya.

Hadir dalam rapat tersebut Ketua KPU RI Arif Budiman, Koordinator Divisi Data dan Informas Viryan Aziz, Koordinator Divisi SDM dan Litbang Ilham Saputra, Tim Data dan Informasi KPU RI, KPU Kota Makassar dan juga KPU Provinsi Sulawesi Selatan. ***

#KPUMelayani
#KPUKerjaTerbaik

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *