Bapaslon independen Pilkada Pohuwato 2020, Hamdi-Zairin hari ini serahkan Syarat Dukungan Perbaikan

Bapaslon independen Pilkada Pohuwato 2020, Hamdi-Zairin hari ini serahkan Syarat Dukungan Perbaikan

“Hamdi-Zairin siapkan 3.650 suara untuk perbaikan syarat dukungan”

Hupmas, https://kab-pohuwato.kpu.go.id/ – Bakal pasangan calon (Bapaslon) jalur perseorangan Pilkada Pohuwato 2020 Hamdi Alamri, SE, Sy & Drs Zairin T.D Maksud menyerahkan perbaikan syarat dukungan kepada KPU Pohuwato pada Minggu (26/7/2020).

Tim Penghubung Bapaslon, Aslam Maa mengatakan saat ini sudah menyiapkan sebanyak 3.650 suara untuk perbaikan syarat dukungan berupa fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) dari pendukung.

“Kita sudah siapkan 3.650 suara untuk perbaikan syarat dukungan yang sudah tersubmite di aplikasi SILON, saat ini kita serahkan ke KPU,” katanya.

Bertempat di Aula KPU Pohuwato, dokumen perbaikan ini diserahkan langsung oleh Hamdi Alamri didampingi Zairin T.D Maksud bersama tim Lo Bapaslon dan diterima oleh Ketua KPU Pohuwato, Rinto W. Ali bersama Jajaran Komisioner, Sekretaris KPU Kisman Mooduto dan Anggota Pokja Pencalonan.

Penyerahan disaksikan langsung oleh ketua Bawaslu Pohuwato Zubair Mooduto, SH,MH.

Sementara itu dalam sambutannya Ketua KPU Pohuwato Rinto Ali mengatakan, sesuai  hasil Rekapitulasi pada rapat pleno KPU Kabupaten Pohuwato (21/07), bapaslon yang bertarung di jalur independen ini harus menyiapkan 1.802 suara untuk memenuhi syarat minimal dukungannya .

Seperti diketahui, syarat minimal (dukungan) bagi calon Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato jalur perseorangan yang ditetapkan dalam Keputusan KPU Nomor 4/PL.02.2-Kpt/7504/KPU.Kab/X/2019 tentang syarat minimal dukungan wilayah Kabupaten Pohuwato adalah 9.984 suara.

Dalam ketentuan PKPU nomor 18 tahun 2019 pasal 32a, jika syarat minimal dukungan belum terpenuhi, maka konsekwensinya, bapaslon harus bisa memenuhi dukungan sebanyak 2x kekurangan dukungan yang dibuktikan dengan fotokopi KTP elektronik..

“Kalau memenuhi syarat minimal dua kali dari jumlah yang dibutuhkan tersebut, nanti bisa tahap selanjutnya verfak di lapangan. Kalau tidak memenuhi syarat tidak bisa melanjutkan tahapan berikutnya,” tambahnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Komisioner Divisi Teknis penyelenggaraan, Iskandar Alulu mengatakan prosesnya sama seperti tahapan awal, diupload di Silon lalu menghasilkan form B1.1-KWK Perbaikan dan ada pernyataan dukungan dari pendukung dalam form B1KWK Perbaikan dan B2KWK Perbaikan.

“Mekanismenya seperti kita verifikasi pada waktu pengajuan dukungan pada awal itu dua kali dari kekurangan. Jumlahnya MS/ TMS belum diketahui, menunggu hasil pengecekan dan penghitungan oleh Tim Pokja (KPU),” kata dia.

Sampai saat ini, dengan diawasi oleh Bawaslu pengecekan dan penghitungan dukungan perbaikan bersama Tim Lo Bapaslon Hamdi – Zairin masih sementara berlangsung. (***)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *