Bimtek KPPS, Selain Teknik Pemungutan Suara, KPU Juga Tekankan Penerapan Prokes Yang Ketat

Bimtek KPPS, Selain Teknik Pemungutan Suara, KPU Juga Tekankan Penerapan Prokes Yang Ketat

HUPMAS –  Matangkan persiapan Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato dalam Pemilihan Serentak Lanjutan 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pohuwato bimtek seluruh Kelompok Petugas Pemungutan Suara (KPPS), Minggu (29/11).

Bimtek digelar selama enam hari kedepan (29 November hingga 4 Desember) sesuai jadwal dan akan dimaksimalkan di Wilayah Kecamatan dengan di koordinir langsung oleh Koordinator Wilayah (Korwil) masing-masing sebelum pelaksanaan Debat Publik antar pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato Tahun 2020 nanti.

Ketua KPU Pohuwato Rinto W. Ali selaku korwil wilayah Paguat Dengilo saat menghadiri Bimtek di Kecamatan Dengilo mengatakan bahwa, kegiatan ini penting dilaksanakan dalam kaitannya proses pelaksanaan pemungutan suara di TPS. berdasarkan regulasi tentang pemungutan suara PKPU Nomor 18 tahun 2020.

Tujuannya, lanjut Rinto, untuk memberikan pemahaman kepada KPPS terkait teknis dan pelayanan pemungutan dan penghitungan suara serta penerapan protokol kesehatan serta penggunaan SiRekap bisa berjalan dengan sebaik-baiknya.

“Regulasinya sudah jelas, selain teknik pemungutan suara, kita (KPU) juga tekankan penerapan Prokes yang ketat. Ada juga buku panduan KPPS yang bisa jadi pedoman Bimtek”, ungkapnya.

Materi penting yang disampaikan dalam Bimtek berupa: Kebijakan di TPS Masa Pandemi COVID 19, Penerapan Protokol Kesehatan di TPS, Pelaksanaan Pemungutan Suara (Tugas KPPS dan Gastib serta Alur Pemungutan Suara), dan Pelaksanaan Penghitungan Suara (Tugas KPPS dan Alur Penghitungan Suara) serta penggunaan Si-Rekap.

“Melalui Bimtek ini, Kami harapkan supaya seluruh Jajaran Penyelenggara memahami proses Tungsura, sehingga meminimalisir adanya kesalahan dalam pelaksanaannya nanti,” harapnya.

Sementara itu, ditempat berbeda Musmulyadi Hunowu Komisioner Divisi Sosialisasi Parmas dan SDM dan Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Iskandar Alulu turut hadir memberikan materi Bimtek di wilayah masing-masing.(ADj)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *