Dua hari jelang Penyerahan Syarat Minimal Dukungan Bapaslon Perseorangan, KPU Pohuwato laksanakan BIMTEK Silon

Dua hari jelang Penyerahan Syarat Minimal Dukungan Bapaslon Perseorangan, KPU Pohuwato laksanakan BIMTEK Silon

POHUWATO, https://kab-pohuwato.kpu.go.id/ – Dua hari jelang Penyerahan Syarat Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato laksanakan Bimbingan Teknis Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON) pada pemilihan Bupati & Wakil Bupati Kabupaten Pohuwato  Tahun 2020.

Kegiatan yang berlangsung di Aula KPU Kabupaten Pohuwato, Senin 17 Februari 2020 ini dihadiri oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Pohuwato bersama sejumlah jajarannya, dan Liaison Officer (Lo) beserta Operator dari 5 (lima) bakal calon perseorangan pemilihan Bupati & Wakil Bupati Kabupaten Pohuwato Tahun 2020.

Tujuannya adalah untuk memberikan pembekalan, pengetahuan teknis alur Penyerahan Syarat Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan pada tahapan pencalonan, serta pengenalan SILON Pemilihan Tahun 2020.

Sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku, dengan berpedoman pada syarat jumlah dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan, untuk Kabupaten Pohuwato sebanyak 9.984 orang yang tersebar di 7 kecamatan wilayah kabupaten Pohuwato.

Dalam sambutan pembukaan Ketua KPU Pohuwato Rinto Ali mengingatkan pentingnya tahapan pencalonan sehingga diperlukan pembahasan secara komprehensif untuk pengelolaan dokumen pencalonan maupun penggunaan Aplikasi Silon.

Pada penyelenggaraan pemilihan serentak tahun 2020 ini KPU mewajibkan Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati menggunakan Sistem Informasi Pencalonan (SILON) dalam tahap penyerahan dukungan pasangan calon perseorangan.

Kewajiban tersebut sejalan dengan PKPU Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pencalonan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah pasal 14 angka (2)  bahwa pasangan calon wajib memasukkan data pendukung yang tercantum dalam surat dukungan ke dalam Sistem Informasi Pencalonan (SILON).

Menurutnya, aplikasi Silon merupakan bentuk transparansi dan upaya KPU dalam membangun integritas serta kualitas proses Pilkada serentak yang di jadwalkan berlangsung pada 23 September 2020 mendatang.

Olehnya melalui Bimtek penggunaan Aplikasi SILON dan Alur penyerahan Syarat Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan kali ini hendaknya dapat dimanfaatkan untuk mengantisipasi masalah-masalah yang akan terjadi ke depannya dalam tahapan Pencalonan.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Anggota KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan Iskandar Alulu.  Dia menyampaikan bahwa KPU Kabupaten Pohuwato akan menjadwalkan penyerahan syarat dukungan bagi calon perseorangan selama kurang lebih 5 (lima) hari, dimana Waktu dan tempat penyerahan dokumen dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan, KPU Pohuwato berpedoman pada Keputusan KPU RI NOMOR 82/PL.02.2-Kpt/06/KPU/II/2020 tentang Pedoman Teknis Penyerahan Dukungan Dan Verifikasi Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Dan/Atau Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Tahun 2020, yaitu;

  1. Tanggal Penyerahan dilaksanakan mulai tanggal 19 Februari sampai dengan 23 Februari 2020,
  2. Waktu penyerahan:
    • Hari pertama sampai dengan hari keempat (19 s.d 22 Februari 2020), penyerahan dukungan dilaksanakan pukul 08.00 sampai dengan pukul
      16.00 WITA; dan
    • Hari kelima (tanggal 23 Februari 2020) penyerahan dukungan dilaksanakan pukul 08.00 sampai dengan pukul 24.00 WITA.
  3. Tempat Penyerahan: di Aula Kantor KPU Kabupaten Pohuwato

Iskandar mengingatkan, pada proses penyerahan Dokumen dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan hanya dapat dilakukan 1 (satu) kali pada masa penyerahan. Dengan demikian, Bakal Pasangan Calon Perseorangan tidak dapat
menyerahkan dokumen dukungan susulan ketika KPU Provinsi atau
KPU Kabupaten/Kota telah menerima dokumen dukungan untuk
dilakukan pengecekan jumlah dukungan dan sebaran pada masa
penyerahan.

Sampai dengan hari ini sudah ada 5 Tim Bakal Pasangan Calon Perseorangan yang sudah mengambil User & Password Aplikasi Silon, yaitu: Tim Koalisi Rakyat Bersatu, Tim Bo-Utiye-Harus, Tim YM-IBAS-Jo, Tim Koalisi Rakyat & Tim SAKTI.

Dirinya juga memaparkan teknis penggunaan Silon, serta pentingnya Silon untuk Pengecekan Jumlah Minimal Dukungan dan Sebaran, Verifikasi Keberadaan Dukungan dalam DPT dan/atau DP4, Verifikasi Dukungan Ganda, Rekapitulasi Dukungan meneliti kegandaan, hingga Penetapan Peserta Pemilihan dan Pengundian Nomor Urut. 

Di akhir Bimtek para operator Silon Bakal Calon Perseorangan melakukan simulasi Penyerahan Syarat Minimal Dukungan, dan secara khusus Ketua KPU berpesan menghadapi tahapan Penyerahan dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan yang tinggal 2 (dua) hari lagi yaitu tanggal 19 s.d 23 Februari nanti  Entry dukungan yang menggunakan SILON tidak menjadi sengketa dalam pencalonan.

“Kita harus bisa memastikan ini berjalan dengan baik. Kedepan SILON KPU ini akan dikembangkan terintegrasi dengan SITUNG, SIDALIH, dan e-REKAP, olehnya Sukses pelaksanaan Pemilihan Tahun 2020, diwujudkan dengan upaya meminimalisir sengketa pada akhir penyelenggaraan”, pungkasnya.****

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *