Gapai Estimasi Target Partisipan di masa pandemi, KPU gandeng Media Sosialisasikan Tahapan Pemilihan

Gapai Estimasi Target Partisipan di masa pandemi, KPU <em>gandeng</em> Media Sosialisasikan Tahapan Pemilihan

HUPMAS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Bersama Media Online se Kabupaten Pohuwato. Rabu,25/11/2020.

Rakor yang diselenggarakan di Warung Kopi (Warkop) Qintal Marisa, dihadiri oleh pewarta dari sejumlah media di Pohuwato. 

Rakor dibuka langsung oleh Ketua KPU Rinto W.Ali dengan didampingi oleh Komisioner Divisi SDM, Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat, Musmulyadi Hunowu dan Tim Hupmas KPU Pohuwato.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan terkait berbagai hambatan partisipasi publik dalam pelaksanaan Pilbup Pohuwato tahun 2020. Diantaranya keterbatasan penyampaian informasi secara langsung (sosialisasi tatap muka) dikarenakan masih berlangsungnya pandemi Covid-19.

Saat ini, media dianggap mampu menjadi pilar terdepan dalam menyampaikan berbagai informasi, termasuk informasi tahapan Pilkada Serentak Tahun 2020.

Menurutnya, media dapat berperan sebagai motor penggerak untuk mengedukasi masyarakat agar tetap berpartisipasi aktif dan cerdas dalam Pilkada Serentak 2020.

“Peran media salah satunya memberikan pendampingan dan edukasi kepada masyarakat melalui informasi-informasi kredibel sehingga masyarakat memiliki ketertarikan mengenai Pemilu maupun Pilkada, apalagi saat ini dilaksanakan dalam kondisi pandemi covid19”ujarnya.

Ajakan kepada masyarakat untuk optimis, bahwa suara tidak akan sia-sia, dapat lebih mudah diterima jika disampaikan oleh orang yang tepat dan cara yang tepat.

Namun media harus tetap menjaga indepedensinya dalam Pilkada 2020. Media tidak dijadikan alat untuk mendorong opini atau condong terhadap satu pihak.

“Kami (KPU) menyadari betul perlunya merangkul rekan-rekan media agar informasi tahapan pemilu dapat tersampaikan ke khalayak publik, tentunya tetap menjaga keberimbangan, sehingga tidak ada Pasangan Calon yang dirugikan”, ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Musmulyadi Hunowu selaku Anggota KPU Pohuwato Divisi SDM, Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat mengatakan bahwa peran strategis media dalam pemberitaan diharapkan mampu dongkrak angka partisipasi Pemilih dan menyukseskan Pilkada serentak, 9 Desember 2020.

Partisipasi masyarakat untuk peduli dalam menggunakan hak pilihnya merupakan ekspektasi besar semua pihak terutama KPU Pohuwato yang demikian fokus berusaha untuk menggapai estimasi target jumlah pemilih.

Target partisipasi pemilih yang ditetapkan KPU RI adalah 77,5%. Namun untuk Kabupaten Pohuwato sendiri jika pada pemilihan sebelumnya adalah tertinggi kedua setelah Papua, untuk pilkada serentak  Tahun 2020 ini harus bisa dipertahankan, atau minimal sama dengan pemilihan sebelumnya (86%).

Untuk itu, KPU berharap peran strategis media dalam penyebaran informasi mengenai Pemilu agar masyarakat tergerak untuk berpatisipasi

“Karena baik atau tidaknya Pemilu dilihat dari sisi akuntabilitas Pemilu tersebut. Sehingga disitulah peran strategis media membantu KPU untuk dongkrak angka partisipan Pemilu. Dengan intensitas penyajian informasi -informasi positif oleh media tentang kepemiluan, mendorong masyarakat tergerak untuk berpatisipasi. Tidak hanya itu, KPU berharap media menjadi clearing house mengenai berita hoax dan misinformasi di tengah masyarakat sehingga media jadi rujukan utama suksesnya Pilkada 2020,” ujarnya

Terakhir, Ia berharap, dari temu media ini sekaligus diskusi “Strategi Sosialisasi dan 15 Hal baru di TPS pada Pilkada Serentak 2020”, akan mendapatkan beberapa rekomendasi positif agar strategi yang digunakan dalam sosialisasi tepat sasaran dan strategis.

“Terima kasih atas masukan dari teman-teman sekalian, berharap apa yang telah disampaikan tadi ini sama-sama kita tindaklanjuti untuk kesuksesan pelaksanaan tahapan Pilkada di Kabupaten Pohuwato Tahun 2020”, tandasnya. (ADj)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *