Jamin Aksesibilitas, KPU Pohuwato Gelar Apel Cek Kesiapan PPDP

Jamin Aksesibilitas, KPU Pohuwato Gelar Apel Cek Kesiapan PPDP

“Sebagai penyelenggara, jaminan pendaftaran pemilih tanpa diskriminasi termasuk akses pemilih untuk terdaftar dan mengetahui data pemilih secara mudah merupakan hal penting dalam proses pendataan dan pemutakhiran data pemilih. Untuk itu kita akan memastikan PPDP menerapkan prinsip ini dalam menjalankan tugasnya melaui apel kesiapan

MARISA-Ketua KPU Kabupaten Pohuwato Rinto Ali menjamin pemutakhiran dan penyusunan data pemilih pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato Tahun 2020 yang saat ini tengah berlangsung, dilaksanakan tanpa diskriminasi dan terbuka. Semua pihak dapat langsung terlibat. Memonitor dan mengawasi.

Pihaknya membuka akses seluas-luasnya kepada masyarakat pemilih se Kabupaten Pohuwato untuk memberikan tanggapan kepada Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang saat ini sedang menjalankan kewajibannya (15 Juli-13 Agustus). Yang menemui masyarakat pemilih dan melakukan pendataan serta mencocokan dan meneliti data dari setiap individu untuk disesuaikan dengan data sebenarnya.

Bahkan untuk mendukung hal tersebut, pihaknya akan menggelar apel kesiapan PPDP sebagai bentuk kesiapan KPU Pohuwato dalam tahapan pencocokan dan penelitian (coklit), Sabtu (18/7/2020).

“Sebagai penyelenggara, jaminan pendaftaran pemilih tanpa diskriminasi termasuk akses pemilih untuk terdaftar dan mengetahui data pemilih secara mudah merupakan hal penting dalam proses pendataan dan pemutakhiran data pemilih. Untuk itu kita akan memastikan PPDP menerapkan prinsip ini dalam menjalankan tugasnya melaui apel kesiapan PPDP, besok (hari ini-red)”, kata Rinto Ali, Jumat, (17/7/2020), kemarin.

“PPDP (se Kabupaten Pohuwato) bekerja dengan prinsip ini. Yang merupakan program utama pemutakhiran data pemilih. Dengan turut melindungi hak pilih (masyarakat),” tambahnya.

Oleh karena itu pihaknya berharap masyarakat (pemilih) Pohuwato tidak perlu sangsi dengan kinerja KPU Pohuwato. Pihaknya memastikan dalam proses pemutakhiran data, KPU Kabupaten membuka akses kepada masyarakat. Termasuk memperbaiki data dirinya apabila terdapat kekeliruan atau perubahan elemen data.

“Masyarakat dapat mengecek langsung data diri apabila terdapat kekeliruan atau perubahan elemen data melalui aplikasi ‘Cek HP-mu’ yang telah tersedia di playstore bagi yang menggunakan android, imbuhnya.

Sementara itu Anggota KPU Kabupaten Pohuwato Divisi Program, Data dan Informasi Firman Ikhwan berharap masyarakat dapat langsung memberi tanggapannya kepada KPU melalu petugas yang melakukan pendataan.

“Kita berharap kepedulian masyarakat terhadap hak konstitusi mereka. Caranya dengan turut aktif memberikan masukan kepada kami (KPU Pohuwato) dan petugas kami dilapangan terkait dengan informasi data diri,” pintanya.(YM)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *