Jelang Tahapan Penetapan Dan Pengundian Nomor Urut Paslon Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato Tahun 2020, KPU gelar Rakor Persiapan bersama Tim LO Bapaslon, dan para pemangku kepentingan

Jelang Tahapan Penetapan Dan Pengundian Nomor Urut Paslon Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato Tahun 2020, KPU gelar Rakor Persiapan bersama Tim LO Bapaslon, dan para pemangku kepentingan

HUPMAS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato menggelar rapat koordinasi (rakor) pilkada 2020 bersama Tim liaison officer (LO) masing-masing Bakal Pasangan Calon (Bapaslon), dan Dinas Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato serta unsur tekait sebagai pemangku kepentingan

Bertempat di Gedung C KPU, Senin (14/9/2020) rapat dibuka langsung oleh Ketua KPU didampingi oleh seluruh Komisioner, Sekretaris dan Kasubag Teknis & Hupmas KPU Kabupaten Pohuwato.

Rakor dihadiri oleh Tim LO masing-masing Bapaslon, dan beberapa pemangku kepentingan sebagai unsur terkait yakni, Bawaslu, Polres Pohuwato, Kodim 1313/Pohuwato, Kesbangpol, Satuan Gugus Tugas Penanggulangan Covid19.

Tujuannya untuk mengkoordinasikan sekaligus memberikan informasi yang berkaitan dengan tugas dan fungsi serta memastikan kesiapan masing-masing pihak pada tahapan Penetapan dan Pengundian nomor urut Pasangan Calon Bupati & Wakil Bupati Pohuwato Tahun 2020 nanti.

Ketua KPU Pohuwato, Rinto W. Ali menuturkan bahwa dalam waktu dekat ini sesuai jadwal Tahapan pada PKPU 5 Tahun 2020, KPU akan melaksanakan tahapan penetapan bakal pasangan calon yang lolos memenuhi syarat berlangsung pada 23 September 2020. Keesokan harinya merupakan tahapan pengundian nomor urut. Sedangkan untuk masa kampanye Pilkada 2020 dimulai pada 26 September 2020 hingga 5 Desember 2020.

Dalam hal pelaksanaan kegiatan tersebut, KPU selaku pihak penyelenggara, berpedoman pada PKPU 9 THN 2020 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Dan/Atau Walikota Dan Wakil Walikota serta PKPU 10 Tahun 2020 tentang pelaksanaan Pilkada di tengah Pandemi Covid19.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa, untuk penetapan paslon dan pengundian nomor urut, KPU akan membatasi jumlah peserta yang hadir di dalam ruangan tempat dilaksanakannya kegiatan.

Untuk hal ini mekanismenya merujuk pada pasal 9 PKPU 6 Tahun 2020 yang menyatakan bahwa: “Kegiatan yang dilaksanakan di dalam ruangan berupa rapat pleno terbuka, rapat koordinasi, bimbingan teknis, sosialisasi, dan/atau kegiatan lainnya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (4) huruf d dilakukan dengan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)”.

“Jadi saat penetapan paslon (23 September) dan Pengundian Nomor Urut Paslon (24 September) nanti KPU membatasi jumlah peserta yang hadir. Diantaranya hanya KPU dan anggota Pokja, Bakal Pasangan Calon atau Pasangan Calon, Tim Kampanye, Saksi atau pengurus Partai Politik atau Gabungan Partai Politik (maksimal 2 orang), 1 (satu) orang Penghubung Pasangan Calon, dan Bawaslu paling banyak 2 (dua) orang”, tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Ramlan selaku Anggota Bawaslu Kabupaten Pohuwato, memaparkan tentang mekanisme dan prosedur pengawasan yang dilakukan Bawaslu mecakupi pengawasan, pencegahan dan penindakan.

Sementara itu Ramon Abdjul selaku sekretaris Satgas Penanggulangan Covid19 Kabupaten Pohuwato menegaskan agar dalam pelaksanaan setiap tahapan selalu disiplin dan patuh pada protokol kesehatan, sehingga Pilkada tidak menjadi ajang klaster baru penyebaran covid19.

Hal senada disampaikan oleh Kapolres Pohuwato AKBP. Teddy Rayendra, SIK, MIK, bahwa selama tahapan pilkada di masa pandemi ada hal penting yang harus di jaga, selain Pilkada yang lancar, sukses, dan damai, ada jaminan seluruh pihak yang terlibat pada pelaksanaan Pilkada (keselamatan peserta, penyelenggara pemilu dan juga keselamatan pemilih).

Diakhir rapat, ketua KPU meminta dukungan dari semua pihak khususnya pemangku kepentingan yang terlibat pada pelaksanaannya nanti untuk sama-sama mewujudkan pilkada Pohuwato 2020 yang aman, lancar, damai dan sehat. (ADj)

©HUPMAS KPU POHUWATO 2020

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *