KPU Pohuwato ikuti Uji Coba Nasional SiRekap secara virtual

KPU Pohuwato ikuti Uji Coba Nasional SiRekap secara virtual

HUPMAS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato bersama KPU provinsi, KPU kab/kota penyelenggara Pemilihan Serentak Tahun 2020 mengikuti uji coba nasional simulasi Sistem Informasi Rekapitulasi (SIREKAP) yang dilaksanakan oleh KPU RI. Selasa (24/11)

Simulasi yang dilaksanakan secara virtual ini akan digelar selama tiga hari, yaitu tanggal 24 hingga 26 November nanti.

Anggota KPU Pohuwato Divisi Teknis Penyelenggaraan, Iskandar Alulu mengatakan, tujuan dilaksanakan uji coba nasional Simulasi SiRekap ini adalah untuk memantapkan penggunaan Aplikasi Sirekap pada Pemilihan Kepala Daerah serentak Tahun 2020 nanti.

Materi terkait penggunaan SiRekap disampaikan langsung oleh Komisioner Divisi Teknis KPU RI, KARO Tekmas dan Operator Sirekap KPU RI

Dalam penyampaian materinya, Evi Novida Ginting Manik, komisioner KPU RI yang membidangi Divisi Teknis mengatakan bahwa Sirekap akan dipergunakan KPU pada proses rekapitulasi hasil perolehan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Keputusan ini diambil sesuai hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Komisi II DPR RI hari Kamis 12 November 2020 yang lalu.

“SiRekap dapat digunakan sebagai alat bantu dan publikasi, namun bukan sebagai hasil resmi pemilihan yang juga telah disepakati tetap manual seperti pemilu dan pemilihan sebelumnya, KPU akan tetap pergunakan Sirekap sebagai prinsip transparansi dan profesionalisme kita sebagai penyelenggara pemilihan”, ujarnya .

Dalam uji coba nasional ini, KPU Pohuwato melibatkan dua Kecamatan yaitu : (Kecamatan Buntulia: PPS Sipatana dan PPS Taluduyunu Utara serta Kecamatan Duhiadaa: PPS Buntulia Jaya dan PPS Duhiadaa, masing-masing 3 TPS).

“Harapannya, peserta yang hadir dapat mengikuti dan memahami materi yang disajikan dengan baik, karena penggunaan SiRekap nantinya akan menjadi alat bantu yang dapat menyediakan informasi terkait pemilu. Baik untuk kepentingan penyelenggara, pasangan calon hingga masyarakat luas”.(ADj)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *