KPU Pohuwato, Tiga Bapaslon jalur perseorangan lakukan Koordinasi jelang Penyerahan Syarat Dukungan Perbaikan

KPU Pohuwato, Tiga Bapaslon jalur perseorangan lakukan Koordinasi jelang Penyerahan Syarat Dukungan Perbaikan

Hupmas, https://kab-pohuwato.kpu.go.id/ – Jelang penyerahan Syarat Dukungan Perbaikan, tiga Tim Bakal pasangan calon (Bapaslon) kepala daerah jalur perseorangan Pilkada Kabupaten Pohuwato melakukan konsultasi dan koordinasi ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pohuwato. (Jumat, 24/07/2020).

Koordinasi dilakukan terkait Persiapan Penyerahan Syarat Dukungan Perbaikan Bapaslon yang akan dilaksanakan besok (25/07).

Koordinasi yang berlangsung di Gedung C Kantor KPU Pohuwato ini diterima langsung oleh Ketua dan Anggota KPU serta Tim Pokja Pencalonan.

Dalam bahasan disampaikan poin-poin penting terkait tata cara penyerahan, khususnya tata cara penginputan silon pencalonan perseorangan oleh operator SILON, serta beberapa hal teknis yang perlu diperhatikan saat penyerahan syarat dukungan perbaikan nanti.

KPU Kabupaten Pohuwato memberi deadline waktu perbaikan mulai 25 juli hingga 27 Juli 2020 sebagai batas akhir penyerahan syarat KTP dukungan perbaikan.

Tim Verifikasi KPU kemudian akan kembali melakukan pengecekan dukungan, verifikasi administrasi dan verifikasi faktual (verfak) KTP dukungan perbaikan yang diserahkan pada batas waktu itu.

Syarat minimal untuk Bakal Pasangan Calon Perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato harus bisa memenuhi 9.984 KTP dukungan. Hal ini sesuai ketentuan KPU nomor 4/PL.02.2-Kpt/7504/KPU.Kab/X/2019 tentang syarat minimal dukungan wilayah Kabupaten Pohuwato.

Sebagaimana hasil Rekapitulasi pada rapat pleno KPU Kabupaten Pohuwato (21/07) memutuskan ketiga Bapaslon ini masih memerlukan tambahan perbaikan KTP dukungan paling sedikit 2 (dua) kali dari jumlah kekurangan masing-masing dukungan. Hal ini sesuai ketentuan dalam PKPU nomor 18 tahun 2019 pasal 32a.

Pada kesempatan yang sama, Iskandar Alulu selaku Komisioner Divisi Teknis penyelenggaraan menyampaikan bahwa syarat dukungan perbaikan yang disampaikan ke KPU ini dilengkapi pada masa perbaikan dan merupakan dukungan baru, yang belum pernah diserahkan oleh Bapaslon mana pun, termasuk dukungan lama yang telah diperbaiki.

Tim Bapaslon harus mempersiapkan syarat dukungan perbaikan yang terdiri dari formulir B.1-KWK perseorangan perbaikan, 1 (satu) rangkap asli hasil cetak B.1.1-KWK Perseorangan Perbaikan ditandatangani oleh Bapaslon beserta 1 (satu) rangkap salinan, dan 1 (satu) rangkap asli hasil cetak B.2 KWK Perseorangan Perbaikan yang dicetak dari Sistem Informasi Pencalonan (SILON). Ketentuan ini sesuai pada pasal 32b PKPU 18 Tahun 2020.

“Prosesnya sama seperti tahapan awal, diupload di Silon lalu menghasilkan form B1.1-KWK Perbaikan dan ada pernyataan dukungan dari pendukung dalam form B1KWK Perbaikan dan B2KWK Perbaikan,” tuturnya.

Setelah penyerahan maka dilakukan pengecekan jumlah dukungan dan sebaran hasil perbaikan tertanggal 25 Juli sampai 28 Juli 2020.

Verifikasi administrasi dan kegandaan dokumen dukungan perbaikan 27 Juli sampai 4 Agustus 2020.(***)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *