Mutakhirkan Data Pemilih Ditengah Pandemi, PPDP Dibekali APD

Mutakhirkan Data Pemilih Ditengah Pandemi, PPDP Dibekali APD

Mutakhirkan Data Pemilih ditengah pandemi COVID-19, sebanyak 298 Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dapat Alat Pelindung Diri (APD). APD yang nantinya digunakan PPDP pada saat pencocokan dan penelitian (Coklit) yang dimulai tanggal 15 Juli sampai dengan 13 Agustus tersebut difasilitasi KPU Kabupaten Pohuwato.

Pasal 5 ayat (2) huruf d angka 2 PKPU Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serentak lanjutan dalam Kondisi Bencana Nonalam Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) menyatakan bahwa PPDP yang sedang melaksanakan pencocokan dan penelitian (COKLIT) menggunakan APD berupa masker sarung tangan sekali pakai dan pelindung wajah/face shield.

APD sesuai dengan standar Gugus Tugas COVID-19 tersebut, akan disalurkan ke seluruh kecamatan secara bertahap: 11–14 Juli 2020.

Firman Ikhwan, Anggota KPU Kabupaten Pohuwato Divisi Perencanaan, Data dan Informasi mengakui betapa pihaknya memandang penting memberikan perlindungan bagi petugas di lapangan.

Bekerja ditengah merebaknya pandemi COVID-19 bukanlah perkara gampang. Kita (penyelenggara) harus benar-benar menjaga kesehatan diri, keluarga serta pemilih yang akan didatangi petugas PPDP,” katanya.

Pun demikian dengan penyesuaian tahapan dan kegiatan yang harus beradaptasi ditengah pandemi. Pihaknya telah mengupayakan langkah-langkah ekstra untuk dapat menghindari kemungkinan buruk dari akibat COVID-19.

“Oleh karena itu kami (KPU Pohuwato) berusaha semaksimal mungkin untuk menyesuaikan kegiatan dengan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19 untuk melindungi segenap masyarakat yang turut terlibat dalam Pemilihan kali ini,” tandasya. ***

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *