Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji 306 Ketua KPPS serentak se Kabupaten Pohuwato

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji 306 Ketua KPPS serentak se Kabupaten Pohuwato

HUPMAS – Rekrutmen kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di Kabupaten Pohuwato sudah memasuki tahap akhir, KPU sudah mengeluarkan surat pengumuman hasil penetapan anggota KPPS untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato Tahun 2020.

Berdasarkan Berita Acara Nomor: 792/PP.04.2-BA/7504KPU-Kab/XI/2020, tanggal 9 November 2020 lalu, KPU Pohuwato telah mengumumkan dan menetapkan  Calon Anggota KPPS terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato Tahun 2020.

Sesuai dengan kebutuhan SDM KPPS, KPU kabupaten Pohuwato membutuhkan 2.142 petugas KPPS yang tersebar di 306  TPS se Kabupaten Pohuwato. Dimana setiap TPS tersebar 7 orang anggota KPPS.

Pada hari ini pelantikan hanya kepada anggota yang di terpilih untuk di kukuhkan atau di lantik menjadi  ketua KPPS, yang nantinya di hari pemungutan suara ketua KPPS ini mampu melantik anggotanya dan bisa memimpin pemungutan suara di masing-masing TPS dengan baik.

“Pelantikannya hari ini secara serentak oleh PPS masing-masing wilayah, itu yang akan dilantik hanya ketua KPPSnya,” ujar Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Pohuwato, Musmulyadi Hunowu, (Selasa,24/11/2020).

Dari pengukuhan sumpah dan janji yang di ucapkan ketua KPPS harapannya semua mampu mengemban amanah dengan baik, karena suksesnya Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020 yang di selenggarakan secara serentak pada Rabu, 9 Desember mendatang tergantung dari KPPS, karena petugas KPPS ini adalah petugas yang paling dasar. Apabila nanti terjadi sesuatu pada TPS maka yang bertanggung jawab adalah Petugas KPPS.

“Kami (KPU) berharap, anggota KPPS yang sudah ditetapkan oleh PPS nanti bisa menjalankan tugas dan fungsinya sebagai kelompok penyelenggara dengan baik sesuai aturan undang-undang dan bisa menjalankan amanah demokrasi dalam Pilkada Pohuwato 2020 ini,” tandasnya. (ADj)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *