Percepat informasi, Tim Data KPU pantau progres kerja PPS melalui aplikasi e-verfak

Percepat informasi,  Tim Data KPU pantau progres kerja PPS melalui aplikasi e-verfak

POHUWATO, https://kab-pohuwato.kpu.go.id/ – Kegiatan Verifikasi Faktual (verfak) secara sensus tengah berlangsung saat ini oleh seluruh Petugas PPS selama 14 hari kedepan (29 Juni hingga 12 Juli 2020).

Saat ini Tim data KPU Pohuwato sudah mulai memonitoring seluruh kegiatan verfak yang dilaksanakan seluruh petugas PPS di lapangan melalui aplikasi Elektronik Verifikasi Faktual (e-verfak).

Menariknya penggunaan aplikasi e-verfak ini dapat membantu & memudahkan KPU saat memantau langsung progres seperti data dukungan bapaslon, jumlah data yang telah di verfak, data yang dikirim beserta total dukungan

Sebagai informasi, sebelumnya seluruh PPS sudah menerima materi tentang prosedur verifikasi juga tata cara penggunaan aplikasi e-verfak ini pada Bimtek yang diselenggarakan KPU baik secara online/offline. Bagaimana proses menginput hingga pada backup data.

Firman Ikhwan selaku komisioner Divisi Program & Data saat ditemui diruang kerjanya mengatakan optimis seluruh petugas PPS sudah paham & menguasai prosedur, baik input data manual maupun input data di aplikasi (e-verfak) nya.

Seluruh petugas sudah paham bagaimana aplikasi ini dijalankan. Semoga dilapangan nanti verfak berjalan lancar, tuturnya.

Sedikit ulasan tentang aplikasi e-verfak. E-verfak adalah sebuah aplikasi online yang dikembangkan khusus sebagai bentuk inovasi KPU Pohuwato untuk menunjukkan kerja transparan dan berintegritas.

Dimana, setiap petugas PPS selain mengisi form B.11-KWK secara manual juga dapat langsung segera mengupdate data pendukung yang telah diverfak ke dalam aplikasi.

Terdapat beberapa fitur yang digunakan oleh petugas menginput data hasil verfak, diantaranya:

Fitur pendukung : Fitur ini  memudahkan petugas mencari nama pendukung untuk di verifikasi. Dalam fitur ini terdapat informasi Data pendukung dari Nama, NIK, Tanggal Lahir sampai pada Nama dukungan Bakal Pasangan Calon. Disini  juga terdapat status (MS/TMS/Belum dapat ditemui) yang harus diinput petugas PPS.

Setelah petugas  PPS memastikan kesesuaian data yang ada diaplikasi dan KTP, petugas PPS dapat mengambil gambar Pendukung beserta KTP (dalam hal ini jika saat diverfak pendukung tersebut dinyatakan Memenuhi Syarat/MS).

Jika yang diverfak dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS), maka petugas dapat mengambil gambar model B.A5-KWK beserta titik lokasi.

Maka melihat sejauhmana ruang dan fungsi sejumlah fitur pendukung dalam aplikasi e-vefak ini, sangat membantu kerja KPU khususnya Tim Data dalam percepatan informasi dalam memantau proses verfak yang berlangsung di 104 Desa/Kelurahan.

Sementara itu, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Iskandar Alulu menambahkan bahwa, secara teknis Verifikasi Faktual calon perseorangan dilaksanakan oleh PPS dan tugas PPK adalah melakukan rekapitulasi hasil Verifikasi Faktual dan monitoring terhadap progres kerja PPS dilapangan. Termasuk pendampingan terhadap PPS yang melakukan Verifikasi Faktual kelapangan sebanyak 40.501 berkas yang tersebar dalam 104 Desa/Kelurahan di Kabupaten Pohuwato.

Diharapkan efektifitas & efesiensi waktu harus dapat dimaksimalkan, karena kegiatan verfak yang dimulai dari kemarin (29/06) harus tuntas dilaksanakan pada 12 Juli nanti.

“Kepada semua PPS di seluruh Kabupaten Pohuwato, bekerja ikhlas, profesional, berdasarkan regulasi dan tetap menjaga integritas dapat mempermudah jalannya tahapan, semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan kesehatan, keselamatan dan kemudahan bagi kita semua dalam menjalankan tugas., walaupun ditengah pandemi tetap waspada menjalankan disiplin protap kesehatan” pesannya.(Hupmas)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *