Persiapan Logistik Pilkada Pohuwato 2020 sudah 90 persen

Persiapan Logistik Pilkada Pohuwato 2020 sudah 90 persen

HUPMAS – Jelang perhelatan Pilkada Serentak 9 Desember 2020, berbagai persiapan terus dimatangkan. Usai menggelar debat publik antar calon wakil Bupati (cawabup) (21/11) kemarin, Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Pohuwato fokus menyiapkan logistik Pilkada Serentak 2020.

Pasalnya, gelaran Pilkada terhitung akan dilaksanakan dalam waktu dekat, yakni pada 9 Desember 2020. KPU sebagai penyelenggara pun hanya memiliki kurang lebih lima belas hari untuk mempersiapkan semuanya.(Selasa,24/11/2020)

“Saat ini KPU Pohuwato sementara konsentrasi menangani logistik. Persiapan logistik baik untuk pemungutan suara maupun APD di tengah pendemik COVID-19, termasuk surat suara sudah sekitar 90 persen” ujar Darwin Nento selaku Kasubbag Umum dan Logistik KPU Pohuwato.

Lebih lanjut dikatakan bahwa, di dalam persiapan pemilihan ada dua kategori logistik. Pertama, logistik yang menyangkut kelancaran dalam pemilihan seperti surat suara, kotak suara, alat bantu pencoblosan hingga formulir rekapitulasi suara. Sedangkan logistik yang kedua berkaitan dengan APD agar pemilihan bisa sesuai dengan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus corona.

“Untuk Surat Suara sudah tiba dini hari tadi pukul 01.30 (Selasa, 24/11). Jumlahnya sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Pohuwato 2020 ditambah 2,5 persen cadangan. Logistik untuk pemungutan suara yang masih kurang hanya tinggal formulir-formulir seperti form C berhologram dan Buku Panduan saja, sedangkan yang lain sudah diterima seluruhnya,” jelasnya.

Beliau mengatakan, pihaknya sebelumnya sudah memastikan pemenuhan logistik sesuai dengan ketentuan. Seperti misalnya jumlah alat yang digunakan dalam pencoblosan, ketepatan waktu, ukuran, dan desain surat suara.

Sementara itu, pada Pilkada Serentak 2020, hampir seluruh kebutuhan logistik terkait lelang ditangani langsung oleh KPU Provinsi dan KPU RI.

“Kalau proses lelang sekarang ada e-katalog. Jadi hampir sebagian besar logistik langsung diproses dari UKPBJ (Unit Kelompok Pengadaan Barang dan Jasa) KPU Provinsi dan KPU RI,” katanya.

Untuk Kabupaten Pohuwato sendiri pencetakan dilakukan pada beberapa lokasi yang berbeda.
Surat Suara dilakukan di Kudus Semarang. Sementara surat suara pencetakan khusus Braille dilakukan di Surabaya. Kemudian pencetakan template dilakukan di Jember. Dan untuk Daftar Pasangan Calon (DPC) dilakukan di Bogor. Sehingga hanya tinggal mengikuti arahan saja.

“Jadi kita tidak direpotkan lelang lagi dan kita tidak ada resiko atas itu karena seluruh proses lelang di pusat, ” jelasnya.

Sementara itu, Kisman Mooduto selaku Sekretaris KPU menambahkan, Pihaknya pun saat ini sedang melakukan proses sortir kelengkapan TPS (yakni mulai dari bilik, kelengkapan surat suara, kotak suara, alat coblos, bantalan, tinta, formulir, dan lainnya) serta serta alat pelindung diri (APD) yang akan digunakan dalam pemungutan suara Pilkada Pohuwato 2020.

Pihaknya sudah menjadwalkan pada akhir November ini semuanya sudah siap, termasuk pelipatan surat suara.

“Kami jadwalkan sortir dan pelipatan surat suara selesai pada akhir November ini, dengan melibatkan seluruh Tim Logistik KPU “ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua KPU Pohuwato Rinto W. Ali menyampaikan bahwa sampai saat ini, situasi pandemi Covid-19 masih terus dilakukan penanganan oleh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota.

Dalam pelaksanaan tahapan Pilkada 2020, hampir semua kabupaten/kota sudah menyiapkan segala sesuatu untuk kesiapan puncak pesta demokrasi 9 Desember 2020 mendatang.

“Saya hanya ingin menyampaikan bahwa tentu kami (KPU) juga memerlukan dukungan pihak lain, baik pengamanan dari TNI-Polri, masyarakat secara luas dan Bawaslu yang juga terlibat dalam pengawasan,” ujarnya.

Beliau mengimbau masyarakat untuk menyukseskan pilkada Pohuwato 2020, dengan datang ke TPS pada tanggal 9 Desember 2020.

“Jangan lupa tanggal 9 Desember 2020, mari kita datang ke TPS. Tentu dengan menerapkan protokol kesehatan,” tutupnya.(ADj)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *