Persiapan Rekapitulasi Hasil Verfak Syarat Dukungan Bapaslon di tingkat Kecamatan, KPU gelar Rakor secara Daring bersama seluruh PPK

Persiapan Rekapitulasi Hasil Verfak Syarat Dukungan Bapaslon di tingkat Kecamatan, KPU gelar Rakor secara Daring bersama seluruh PPK

POHUWATO, https://kab-pohuwato.kpu.go.id/ – Menjelang berakhirnya Tahapan Verifikasi Faktual jumlah dukungan calon perseorangan yang di laksanakan oleh PPS di 104 desa/kelurahan se kabupaten Pohuwato, sesuai tahapan pilkada, verifikasi dukungan harus selesai pada 12 Juli 2020. Selanjutnya, dilakukan rekapitulasi tingkat PPK pada 13 hingga 19 Juli.

Tujuan diadakannya rapat adalah penyampaian kendala verfak dilapangan yang dilaksanakan secara sensus oleh PPS, serta evaluasi pelaksanaan tahapan verfak tersebut berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sekaligus untuk mematangkan kesiapan PPK saat Rekapitulasi Hasil Verfak di tingkat Kecamatan.

Rapat daring diikuti oleh seluruh jajaran Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato dan seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Pohuwato.

Rapat dibuka langsung oleh Ketua KPU Rinto W. Ali.

Dikatakannya, saat ini merupakan masa-masa akhir dari tim verifikator dalam hal ini PPS di 104 Desa atau Kelurahan untuk melakukan kunjungan di Lapangan.

Sekarang, progres pelaksanaan verfak dari tim PPS menurutnya sangat signifikan betapapun memang tidak bisa dipungkiri ada dinamika tersendiri yang mewarnai proses tersebut.

Dengan menghadapi kondisi seperti itu menurutnya, Tim Verifikator harus menjalankan tugasnya sesuai dengan regulasi yang ada.

Dalam hal ini teman-teman menemui atau berkoordinasi dengan LO Bapaslon agar di fasilitasi untuk menghadirkan. Ada juga polanya yang kita pedomani yaitu juknis nomor 82/PL.02.2-Kpt/06/KPU/II/2020, itu Surat Keputusan KPU yang menguatkan PKPU tentang pencalonan perseorangan ini, mengumpulkan di Sekretariat Desa atau PPS terhitung 3 hari setelah tidak ditemui itu, dan jika setelah ditunggu selama 3 hari belum bertemu juga maka kita tetap berkoordinasi dengan LO agar menghadirkan lagi pendukung Bapaslon sebelum selesai masa Verifikasi Faktual,” Paparnya.

“Rekapitulasi di tingkat Kecamatan semua pihak juga dilibatkan baik itu pengawas, LO dan teman-teman penyelenggara termasuk Verifikator. Saya kira disitu cukup transparan kita melakukan proses verfak, karena time by time itu teman-teman tidak lepas dari pengawasan,” Ucapnya

Tidak hanya itu, beberapa pihak yang turun ke lapangan untuk melakukan pengawasan terkait proses verfak tersebut memiliki data pembanding.

Karena kita ingin memastikan proses ini berjalan baik sesuai regulasi.

Terkait pola, mekanisme yang bermacam-macam, itu adalah bagian dari metode kerja kita.

“Setiap jenjang kan ada rekapitulasi. Di tingkat Kecamatan ada rekapitulasi tanggal 13 sampai 19 Juli, di Kabupaten ada rekapitulasi tanggal 20 sampai 22 Juli ”, Tukasnya­.

“Lebih intens lagi berkoordinasi dengan Korwil masing-masing. Lakukan tugas dengan penuh integritas, sesuai prosedur. Tetap terapkan protokol kesehatan, jaga kekompakan dan kesehatan. Bagi yang sakit in syaa Allah segera disembuhkan dan dipulihkan kembali kesehatannya.”. Tutupnya. (hupmas)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *