Pilkada 2020, KPU lantik 298 PPDP se Kabupaten Pohuwato

Pilkada 2020, KPU lantik 298 PPDP se Kabupaten Pohuwato

POHUWATO, https://kab-pohuwato.kpu.go.id/ – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato  melantik 298 Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) dalam Pilkada serentak 9 Desember 2020.

Pelantikan PPDP ini secara vidcon atau daring, berlangsung di Aula Kantor Camat Marisa Kabupaten Pohuwato, ke beberapa kecamatan di wilayah Kabupaten Pohuwato, Selasa (14/7/2020).

Teknis pelantikannya tak berbeda dengan pengambilan sumpah dan janji pada umumnya.  Seluruh, PPDP mengikuti ucapan sumpah dan janji serta penandatanganan Fakta Integritas secara simbolis, termasuk penyampaian sambutan secara virtual.

Pelantikan dihadiri sejumlah Komisioner KPU Pohuwato, dipimpin oleh Ketua KPU Pohuwato Rinto Ali. Menurutnya pelantikan secara daring ini sangat membantu mempercepat pelaksanaan tahapan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Pohuwato 2020 di masa pandemi Covid-19.

Dalam sambutannya dikatakan, “Tugas dan fungsi dari PPDP adalah, untuk melakukan pendataan secara sensus terhadap seluruh pemilih di wilayah Kabupaten Pohuwato pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato pada 9 Desember 2020,” ujarnya.

Ditambahkan pula, bahwa kegiatan pemutakhiran data pemilih akan berlangsung dari tanggal 15 Juli sampai 13 Agusutus 2020. Tujuannya untuk memastikan hak politik warga Pohuwato terjamin, dalam gelar Pilkada nanti.

Ditempat yang sama Komisioner KPU Divisi Data & Informasi, Firman Ikhwan mengungkapkan, “Dalam melaksanakan pemuktahiran data pemilih tersebut, PPDP telah dibekali Alat Pelindung Diri (APD) dan wajib menjalankan protokol kesehatan. Diharapkan pemilih (masyarakat) nantinya, ketika didatangkan PPDP tidak perlu khawatir atau cemas, cukup tunjukkan KTP Elektronik dan KK,” ucapnya.

Sementara itu Komisioner Divisi Sosialisasi & SDM, Musmulyadi menyampaikan selamat Kepada semua PPDP yang telah dilantik, dan berharap semua PPDP bisa memahami dan melaksanakan tugas sesuai ketentuan yang berlaku, mengingat pemutakhiran data pemilih ini sangat penting untuk tahapan Pilkada Pohuwato berikutnya.

Pemutakhiran data pemilih berkaitan dengan tahapan penentuan jumlah TPS, pengukuran tingkat partisipasi pemilih dan lainnya. Untuk itu kami harapkan PPDP melaksanakan pemutakhiran data pemilih sebaik mungkin, sehingga menghasilkan data pemilih yang akurat,” tambahnya (Hupmas*)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *