Pilkada 2020, KPU Pohuwato Buka Ruang Masyarakat Tanggapi Bakal paslon

Pilkada 2020, KPU Pohuwato Buka Ruang Masyarakat Tanggapi Bakal paslon

Tersedianya ruang bagi tanggapan masyarakat merupakan wujud transparasi proses sebagai implementasi prinsip penyelenggaraan Pemilihan

HUPMAS – KPU Kabupaten Pohuwato, membuka ruang bagi masyarakat untuk menyampaikan tanggapan dan masukan terhadap bakal pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Pohuwato, mulai 4-8 September 2020.

Tersedianya ruang tanggapan bagi masyarakat merupakan wujud transparasi proses sebagai implementasi prinsip penyelenggaraan Pemilihan.

Pada sisi yang lain hal inipun memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi melalui masukan yang diberikan terhadap pemenuhan syarat calon yang diusung dengan tetap memperhatikan koridor aturan.

Sehingga, tanggapan masyarakat menjadi masukan yang bermanfaat bagi penyelenggara dalam melakukan verifikasi terhadap syarat calon untuk menentukan keabsahan dan kebenaran syarat calon yang akan bermuara pada hasil akhir berupa memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat untuk syarat calon yang ditanggapi oleh masyarakat atau publik.

Dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 dan Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2020 membuka akses publik dalam tahapan pencalonan Pemilihan yang diatur dalam ketentuan terkait tanggapan dan masukan masyarakat yang secara teknis mengatur agar KPU dapat mengumumkan kepada masyarakat terkait: Daftar Bakal Pasangan Calon, Dokumen pendaftaran, Batas waktu masukan dan tanggapan masyarakat.

Saat ini ada empat pasang bakal paslon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pohuwato yang sudah mendaftar, yakni H.Ibrahim Bouti, S.Pt., M.A. & Hj. Miswar Yunus, Hamdi Alamri, S.E.Sy & Drs. Zairin T.D. Maksud, Saipul A. Mbuinga & Suharsi Igirisa, S.I.P, M.Si, dan H. Iwan Sjafruddin Adam, S.H & Zunaidi Z. Hasan.

Beliau mengemukakan, ada dua spesifikasi dokumen yang diserahkan bapaslon. Pertama persyaratan pencalonan dan kedua syarat calon.

“Dokumen Pencalonan & Dokumen Calon semua bakal Paslon telah diunggah ke website KPU Pohuwato (klik disini), masyarakat diminta untuk memberi tanggapan yang akan menjadi masukan yang bermanfaat bagi kami penyelenggara dalam melakukan verifikasi terhadap syarat calon,” ujar Ketua KPU Pohuwato, Rinto W. Ali, di Aula Kantor KPU Pohuwato, Ahad (6/9).

 Warga dapat memberi tanggapan terhadap dokumen bakal calon secara tertulis dan disampaikan dengan identitas yang jelas dan Foto Copy Kartu Tanda Penduduk Elektonik. Masukan disampaikan langsung ke Kantor KPU Pohuwato dengan alamat : Jl. MH Thamrin Kompleks Blok Plan Perkantoran Marisa.

“Batasnya sampai 8 September. Tanggapan masyarakat ini menjadi sebuah momentum untuk menambah kualitas penyelenggaraan pada tahapan pencalonan sehingga menghasilkan bakal calon yang memenuhi syarat sesuai ketentuan yang nantinya akan dipilih melalui pemilihan untuk menentukan legalitas, legitimasi dan kredibilitas bagi suatu pemerintahan yang didukung oleh rakyat.” kata dia

Masukan dan tanggapan masyarakat yang memenuhi syarat ketentuan akan ditindaklanjuti dengan melakukan konfirmasi kepada pihak yang berwenang terhadap syarat calon yang menjadi obyek tanggapan, selanjutnya disampaikan kepada pihak yang memberi tanggapan atau masukan.

Pengaturan ini menempatkan pentingnya akses bagi masyarakat sebagai pemilik kedaulatan untuk ikut mewarnai proses lahirnya pasangan calon yang memenuhi syarat yang selanjutnya ikut berkompetisi pada Pemilihan Bupati & Wakil Bupati Pohuwato  9 Desember 2020 nanti.(ADj)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *