Pilkada di tengah Pandemi, KPU Pohuwato koordinasi & jalin kerjasama dengan otoritas kesehatan di Daerah

Pilkada di tengah Pandemi, KPU Pohuwato koordinasi & jalin kerjasama dengan otoritas kesehatan di Daerah

POHUWATO, https://kab-pohuwato.kpu.go.id/ – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pohuwato hari ini menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama otoritas kesehatan di Daerah. Aula KPU, (Rabu,08/07/2020)

Rapat dibuka langsung oleh Ketua KPU Pohuwato Rinto Ali.  Hadir dalam rapat tersebut seluruh Jajaran Komisioner KPU Kabupaten Pohuwato, Sekretaris KPU, Ketua Gugus Tugas Penanggulangan & Pencegahan Covid19 Kabupaten Pohuwato, unsur Dinas Kesehatan & pihak Rumah Sakit Bumi Panua (RSBP).

Beliau menyampaikan, agenda pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut surat KPU RI Nomor 486/PR.07-SD/01/KPU/VI/2020 tanggal 23 Juni 2020 perihal Koordinasi & Kerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 untuk pelaksanaan Protokoler Kesehatan pada Tahapan Pilkada Serentak Tahun 2020.

Dengan adanya regulasi yang mengatur tentang pelaksanaan Pilkada di tengah Pandemi, kiranya KPU perlu melaksanakan koordinasi dan jalin kerjasama dengan otoritas kesehatan saat melaksanakan tahapan kegiatan di lapangan nanti.

“KPU RI telah menerbitkan regulasi pelaksanaan pemilihan kepada daerah dalam kondisi bencana non-alam pada 6 juli 2020 (PKPU No. 6/2020), didalamnya terdapat satu aturan yang mengemukakan protokol rinci yang harus dipenuhi saat tahapan Pilkada berlangsung”. terangnya.

Pada pasal 5 beleid itu diterangkan bahwa pemilihan serentak dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat serta keselamatan penyelenggara pemilihan, peserta pemilihan, pemilih serta seluruh pihak yang terlibat.

Berkenaan dengan hal tersebut, maka KPU laksanakan Rakor bersama Dinas Kesehatan  dan gugus tugas untuk mengkoordinasikan penerapan protokol kesehatan Covid-19 saat kegiatan tahapan Pilkada di lapangan nanti.

Dalam rakor tersebut telah melahirkan sebuah Kesepakatan / Perjanjian Kerjasama KPU bersama Dinas Kesehatan dengan nomor 443/PP-06-2-SD/7504/KPU-Kab/VII/2020 tertanggal hari ini, (Rabu,08/07/2020)

Dalam Perjanjian Kerjasama tersebut  mengatur beberapa hal diantaranya:

  • Sosialisasi penyampaian informasi terkait protokol kesehatan pencegahan covid 19 kepada stakeholder yang berkaitan dengan tahapan Pemilihan di wilayah kerja daerah penyelenggara (kabupaten Pohuwato),
  • Perumusan/Petunjuk Pelaksanaan Protokol Kesehatan dalam Penyelenggaraan Pemilihan Bupati & Wakil Bupati Pohuwato Tahun 2020
  • Pemeriksaan rapid test atau real time polymerase chain reaction (RT-PCR) terhadap seluruh penyelenggara mulai dari tingkat atas hingga bawah (termasuk PPDP PPS).
  • Dukungan Tim Pendamping kesehatan dalam setiap tahapan bagi penyelenggara Adhock.
  • Evaluasi kesehatan bagi seluruh Badan Penyelenggara Adhock.

Ungkapan terima kasih disampaikan oleh Ketua KPU Pohuwato atas Kerjasama Tim Gugus Tugas dan Dinas Kesehatan dalam hal pengawalan dan pendampingan protokol Covid-19, pada setiap tahapan yang akan dilaksanakan oleh KPU.

Diapun berharap, nantinya tim gugus tugas dapat memberikan edukasi kepada penyelenggara Pilkada dan masyarakat agar apa yang dikerjakan bisa sesuai dengan protokol kesehatan penanggulangan Covid-19.

Kita ketahui bersama, Pilkada kali ini dilaksanakan dalam kondisi yang berbeda, olehnya selaku penyelenggara kita harus mengikuti dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Jalankan semua sesuai dengan aturan dan regulasi yang berlaku dan sudah ditetapkan”. tutupnya. (hupmas)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *