Pilkada Pohuwato 2020, 2 bapaslon dari gabungan parpol resmi mendaftarkan diri ke KPU dihari kedua.

Pilkada Pohuwato 2020, 2 bapaslon dari gabungan parpol resmi mendaftarkan diri ke KPU dihari kedua.

HUPMAS – Pesta demokrasi di Kabupaten Pohuwato mulai terasa meriah pada hari kedua pendaftaran Bakal Pasangan Calon (paslon) pada Pemilihan Bupati & Wakil Bupati Pohuwato.

Pasalnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato yang mulai membuka pendaftaran bagi para bakal paslon Bupati & Wakil Bupati Pohuwato Tahun 2020 sejak kemarin hingga hari ini telah menerima 4 Bakal paslon untuk berkontestasi dalam Pilkada Pohuwato Tahun 2020.

Diketahui sehari sebelumnya (kamis, 04/09) dua bakal paslon jalur perseorangan (Ibrahim Bouti-Miswar Yunus dan Hamdi Alamri-Zairin T.D Maksud) telah mendaftarkan diri.

Hari ini, kembali KPU menerima dua bakal paslon yang merupakan rekomendasi dari partai politik (parpol) /gabungan parpol yang secara resmi mendaftarkan dirinya di KPU. (Sabtu, 5/9/2020).

Ketua KPU Kabupaten Pohuwato, Rinto W. Ali menuturkan, para Bakal paslon Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato ini datang bergiliran untuk mendaftarkan diri.

Pada saat pendaftaran, yang diperkenankan hadir hanya bakal paslon, Tim Penghubung, Tim Kampanye serta Pimpinan Parpol pengusul.

Bakal paslon (Saipul A. Mbuinga & Suharsi Igirisa,S.IP, M.S) datang lebih awal didampingi Pimpinan Koalisi Parpol yang mengusulkan (Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai PPP, Partai Demokrat dan Partai PAN) serta Tim Penghubung dan Tim Kampanye. Bakal paslon ini menyambangi KPU dengan berjalan kaki dan tiba sekitar pukul 10.15 WITA.

Sementara bakal paslon (Hj. Iwan Sjarifuddin Adam, SH – Zunaidi Z. Hasan) datang didampingi Pimpinan Parpol atau Gabungan Parpol yang mengusulkan (Partai PKB dan Partai PKS), Tim Penghubung, serta Tim Kampanye. Mereka tiba di KPU pukul 15.28 WITA.

Kedua Dokumen Pendaftaran Bakal paslon tersebut diterima langsung oleh Ketua didampingi oleh seluruh Anggota Komisioner KPU Pohuwato, Sekretaris KPU, seluruh Kasubag & Tim Pokja Pencalonan.

Selama proses pendaftaran berlangsung, disaksikan dan diawasi langsung oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Pohuwato & Bawaslu Provinsi.

Setelah bakal paslon menyerahkan berkas, pihak KPU Kabupaten Pohuwato (Pokja) langsung melakukan proses verifikasi berkas mulai dokumen syarat pencalonan, hingga dokumen syarat calon.

“Persyaratan pencalonan dan Persyaratan Calon dari kedua Bakal paslon rekomendasi parpol / gabungan parpol ini dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat, diterima kemudian untuk selanjutnya diteliti,” kata Rinto.

Hingga hari kedua ini, sudah 4 (empat) Bakal paslon mendapatkan tanda terima dokumen yang telah diverifikasi oleh KPU (berupa BA Pendaftaran, TT. 1-KWK dan Lampirannya dan Surat pengantar ke Rumah Sakit) untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan kesehatan sesuai jadwal yang telah disampaikan oleh pihak Rumah Sakit Aloey Saboe (RSAS) dan IDI cabang Pohuwato, yaitu dimulai 7 hingga 10 September 2020.

Mengenai status, Rinto mengatakan semua bakal paslon yang mendaftar hingga pada hari ini diterima untuk diteliti lebih lanjut syarat pencalonannya.

“Nanti dokumen pencalonan dan dokumen syarat calon kita cek kelengkapannya, tentang keabsahannya akan kita lakukan penelitian berkas sampai tanggal 8 (September),” katanya.

“Alhamdulilah proses pendaftaran sampai hari kedua ini berjalan lancar. Kami sangat lega dan berharap ke depannya bisa sama-sama menjaga jalannya tahapan Pilkada dengan kondisi aman dan damai sampai akhir tahapan” tandasnya.(ADj)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *