Rapat Pleno Terbuka Penyampaian Hasil Penelitian Administrasi Dan Keabsahan Dokumen Persyaratan Calon Bupati & Wakil Bupati Pohuwato Tahun 2020

Rapat Pleno Terbuka Penyampaian Hasil Penelitian Administrasi Dan Keabsahan Dokumen Persyaratan Calon Bupati & Wakil Bupati Pohuwato Tahun 2020

HUPMAS – Setelah melalui tahap Pendaftaran Bakal Pasangan Calon dan penelitian dokumen persyaratan pencalonan dan persyaratan calon, kini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato menggelar Rapat Pleno Terbuka Penyampaian Hasil Penelitian Administrasi Dan Keabsahan Dokumen Persyaratan Calon Bupati & Wakil Bupati Pohuwato Tahun 2020.

Hal ini berdasarkan jadwal tahapan yang tertuang pada PKPU Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Tahapan, Program Dan Jadwal  Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Dan/Atau Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Tahun 2020.

Hadir pada kegiatan tersebut Bakal Calon (Iwan Adam) bersama Tim Penghubung beserta Tim Penghubung dari bakal paslon Hamdi Alamri-Zairin T.D. Maksud, serta unsur Bawaslu Kabupaten Pohuwato.

Ketua KPU Pohuwato Rinto Ali, dengan didampingi oleh Komisioner KPU Pohuwato Divisi Teknis Penyelenggaraan, Komisioner Divisi Sosialisasi, Parmas & SDM, Komisioner Divisi Data & Informasi serta Sekretaris KPU membuka jalannya acara.

“Pelaksanaan penelitian dan verifikasi dokumen (persyaratan calon dan syarat calon) yang dilakukan oleh Tim Pokja KPU telah dilaksanakan (6-12 September). Sehingga, hari ini tanggal 13 September sesuai dengan jadwal tahapan, kami (KPU) berkewajiban menyampaikan dan mengumumkan hasil verifikasi tersebut kepada bakal pasangan Calon,” papar Rinto.

“Pada proses verifikasi kemarin, Tim Pokja memastikan kebenaran dan keabsahan dokumen yang sudah diserahkan bakal paslon. Melalui pleno (12/09) kami telah menyusun hasil penelitian kebenaran dan keabsahan isi yang tercantum dalam dokumen persyaratan calon ke dalam Berita Acara. Yang hasilnya tersebut (BA.HP-KWK dan lampirannya) kami sampaikan hari ini kepada Bakal Pasangan Calon atau tim penghubung yang hadir.” ujarnya.

Sementara itu Anggota Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan, Mohamad Iskandar Alulu mengatakan bahwa, dalam melakukan penelitian kebenaran & keabsahan isi yang tercantum dalam dokumen persyaratan calon Tim Pokja berpedoman pada Keputusan KPU nomor 394/PL.02.2-Kpt/06/KPU/VIII/2020 tentang Pedoman Teknis Pendaftaran, Penelitian Dan Perbaikan Dokumen Persyaratan, Penetapan, Serta Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon Dalam Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Dan/Atau Walikota Dan Wakil Walikota.

Lebih lanjut dikatakan apabila hasil verifikasi administrasi dan faktual ditemukan adanya dokumen persyaratan yang belum memenuhi syarat, maka bakal pasangan calon ini berkesempatan memperbaiki dokumen persyaratan calon tersebut mulai tanggal 14 sampai dengan 16 September 2020 nanti.

“Nanti dokumen belum memenuhi syarat bisa diperbaiki oleh bakal paslon. Untuk proses perbaikan diberi waktu tiga hari setelah diberikan berita acara hasil penelitian administrasi,” pungkasnya.

Selanjutnya, untuk dua bakal paslon yang sempat tertunda tahapan pemeriksaan kesehatan (rikes), nantinya mulai besok akan dijadwalkan kembali rikes berdasarkan ketentuan pada Keputusan KPU Nomor 179 tahun 2020 terkait Penundaan Tahapan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Dan/Atau Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Tahun 2020 Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Beliau berharap bahwa selama dalam tahap perbaikan nanti Tim Penghubung dari masing-masing bakal paslon jalin komunikasi dan koordinasi dengan KPU.

“Kami membuka layanan konsultasi perbaikan dokumen pencalonan melalui Ruang Helpdesk mulai besok pagi yang bertempat di Kantor KPU Pohuwato,” imbuhnya. (ADj)

©HUPMAS KPU POHUWATO 2020

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *