Verfak, injury time PPK lakukan monitoring dan evaluasi

Verfak, injury time PPK lakukan monitoring dan evaluasi

POHUWATO, https://kab-pohuwato.kpu.go.id/ – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pohuwato saat ini tengah melakukan proses verifikasi faktual jalur perseorangan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Komisioner KPU Pohuwato Divisi Teknis Penyelenggaaan Iskandar Alulu mengatakan proses verifikasi faktual jalur perseorangan telah berlangsung selama 10 hari.

Beliau mengungkapkan beberapa kendala ditemui sejumlah PPS di lapangan saat melakukan verifiksi faktual, seperti kondisi medan yang dilalui. tapi berkat kerja keras semuanya teratasi.

Dalam verifikasi faktual petugas PPS akan mengecek kebenaran data pendukung dan dukungannya secara sensus sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. (PKPU nomor 18 Tahun 2019, Pasal:23)

“Yang harus dipastikan dalam proses verfak, untuk memastikan kebenaran sesuai dengan kententuan peraturan perundang-undangan” katanya.

Ditegaskan pula, hari ini genap hari kesepuluh PPS melakukan verfak. Menjelang injury time PPK harus melakukan monitoring dan evaluasi untuk memastikan :

  1. PPS sudah menemui seluruh pendukung Bapaslon
  2. Pendukung yang tidak ditemukan diberitahukan kepada LO masing-masing Bapaslon untuk dikumpulkan dan diverifikasi faktual dengan beberapa langkah sesuai ketentuan
  3. Terus berkoordinasi dengan Korwil desa masing-masing.

Monef ini tujuannya adalah memastikan verfak sudah dilakukan sesuai aturan dan juknis kepada seluruh pendukung Bapaslon dengan menerapkan protokol kesehatan covid 19.

Seluruh PPK/ PPS melakukan tugas dengan penuh integritas, sesuai prosedur

“Tetap jaga kekompakan dan kesehatan. Bagi yang sakit dianjurkan untuk istirahat memulihkan kesehatan”, tandasnya. (Hupmas)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *